Berpetualanglah seluas-luasnya,menulis dan belajarlah sebanyak-banyaknya,cari pengalaman sedalam-dalamnya,bercita-citalah setinggi-tingginya,berdoa dan tawakal sesering-seringnya,kamu akan menemukan dirimu di sana

Kamis, 28 Juni 2012

Pasar Malam

sumber gambar: http://rian-tebetutara.blogspot.com

      Pasar malam, apa yang muncul di benak anda saat kata ini ada?
Pasar yang ada di malam hari? Keramaian, berbagai macam permainan,permen kapas,loket tiket,dan pedagang yang menjajakan dagangannya? Ya semua itu ada di pasar malam.
      Seiring perkembangan zaman,nampaknya pasar malam mulai ditinggalkan. Modernisasi permainan terjadi di pusat perbelanjaan. Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan permainan hanya dengan memasukkan koin. Teknologi semakin maju,semua dijalankan dengan mesin.
Beragam permainan ada di pasar malam seperti kincir ria,komedi putar,dan masih banyak lagi.
Yang saya tau hampir sebagian besar permainan terbuat dari kayu.
Contohnya saja kincir ria, tempat penumpangnya terbuat dari kayu sedangkan alat penyangga dari besi. 
Saya tidak tau cara pengoperasiaannya,yang saya tau
tentu ada rantai. Untuk komedi putar biasanya ada petugas yang akan mendorong terlebih dahulu. Mengenang pasar malam berarti mengingat masa kecil saya. Terakhir mengunjungi pasar malam sekitar 6-8 tahun yang lalu saat saya masih berusia 9 tahunan. Saat ini saya sudah jarang sekali melihat keberadaan pasar malam. 
Di beberapa tempat mungkin masih ada. Pasar yang nomaden ini memang diadakan malam hari dan salah satu permainan yang ketika sekolah dasar sering dibicarakan teman-teman saya adalah rumah hantu dan ombak banyu. Mungkin kedua permainan ini yang memacu adrenalin dan saya belum pernah mencoba keduanya.
Untuk mencoba Ombak banyu memang ada batasan umurnya. Bentuk permainannya adalah kayu yang dibentuk melingkar besar dan di dalam nya ada kayu untuk kita duduki. Permainan dimulai saat alat tersebut berputar dan makin lama makin kencang putarannya.
Rumah hantu, anda juga pasti tau apa isi nya. Permainan yang di set sedemikian rupa untuk menakut-nakuti pengunjung dengan hantu buatan.
Saya takut? Mungkin iya,hei saat itu saya masih anak-anak. Sekarang berani? Engga juga.hahaha.
Ada juga permainan memasukkan gelang plastik ke botol dari jarak tertentu,melempar panah,dll. Tentunya jika berhasil akan mendapat hadiah.
Beragam jenis dagangan ada, mulai dari pakaian,tapi memang kebanyakan menjual mainan anak-anak. Mainan yang dijual dan masih saya ingat sampai sekarang adalah kapal-kapalan yang saya sendiri tidak tau terbuat dari bahan apa tapi bisa jalan karena bensin dan bisa menyala. Kenapa diingat? Karena dulu saya meminta dibelikan tapi tidak dibelikan :(
Yang tidak boleh dilewatkan ketika pergi ke pasar malam adalah permen kapas atau biasa disebut aromanis. Permen lembut berwarna pink ini memang identik dengan pasar malam. Tapi entah mengapa jika membeli aromanis di pasar malam harga nya lebih mahal. Mungkin pedagangnya harus membayar sewa tempat.
Sampai sekarang saya suka permen yang satu ini.
Seingat saya, saya hanya pernah dua kali ke pasar malam, dan saat menulis hal ini, saya bertanya pada adik lelaki saya yang berusia 10 tahun "de,pernah ke pasar malam gak?" adik saya menjawab pasar malam yang kaya gimana? pernah juga ke pasar yang mama suka belanja.
Itu artinya dia belum pernah ke pasar malam.
Iya deh dia udah beda zaman dengan saya.
Sebenarnya masih banyak permainan yang ada di pasar malam, tapi saya tidak tau nama nya dan belum pernah saya coba. Oia ada juga yang nama nya tong setan. Di sana kita menyaksikan orang memainkan motornya di dalam tong raksasa yang terbuat dari kayu.
      Saya sempat searching di internet tentang pasar malam. Ternyata istilah pasar malam juga digunakan di Malaysia dan Singapura tapi mungkin tidak ada permainannya dan sedikit berbeda dengan pasar malam di Indonesia.
Indonesia pun mengadakan pasar malam di beberapa negara,seperti di Belanda. Tentu saja formatnya berbeda karena di buat seperti bazar yang menampilkan kebudayaan Indonesia dan memperkenalkan Indonesia.
      Apakah anda mempunyai pengalaman mengenai pasar malam? Atau bahkan belum pernah ke pasar malam?
Untuk anda yang belum pernah, bisa melihat film mr.bean tapi tentunya itu lebih bagus atau mirip-mirip dufan yang ada di Jakarta, hanya saja dufan lebih modern.

Anda ingin berbagi cerita tentang pengalaman di pasar malam? Silahkan saja tulis cerita anda,saya akan dengan senang hati membacanya :)



Keywords : pasar malam, permen kapas, gambar pasar malam, wahana di pasar malam, keunikan pasar malam, pasar, malam

1 komentar:

  1. wahh,, baca2 semua postinganmu jadi kangen.. haha.. aku kangen tulisan2 mu mer..
    "endro pake email indra"

    BalasHapus

terima kasih atas kunjungannya....
tinggalkan jejak anda dengan berkomentar :)