Berpetualanglah seluas-luasnya,menulis dan belajarlah sebanyak-banyaknya,cari pengalaman sedalam-dalamnya,bercita-citalah setinggi-tingginya,berdoa dan tawakal sesering-seringnya,kamu akan menemukan dirimu di sana

Minggu, 13 Desember 2015

PPRF part 1

Kompetisi adalah salah satu cara mengukur kemampuan diri. Tak hanya mengukur kemampuan diri dengan berkompetisi kita juga bisa mendapat pengalaman baru dan teman baru.
Semester 5 ini merupakan semester yang penuh cerita bagi saya pribadi. Tidak hanya karena mata kuliah yang hampir sebagian besar harus dieksekusi seperti mata kuliah Manajemen Pemasaran Sosial dan Kampanye Public Relation. Namun cerita lain diluar kuliah harian yang biasa dijalani.
Salah satunya adalah kompetisi The 4th Padjadjaran PR Fair. Di kompetisi yang diselenggarakan di kampus Unpad Jatinangor ini, saya bersama tujuh delegasi lain dari Undip sama-sama berjuang dan memberi semangat. Kompetisi yang berfokus pada permasalahan public relation ini terdiri dari 3 mata lomba yaitu OlymPRDay (Riset dan Strategi PR), PRCreation (Kreatif PR), PR Student Forum (Debat PR). Di tim OlymPRDay ada saya, Darryl, dan Suzka. PR Creation terdiri dari Maul, Ade, Aca dan PRSF dipegang oleh Kak Gusti dan Hanny.
(Kiri-Kanan; Ade, Kak Gusti, Hanny, Suzka, Aca, Meriza, Maul, Darryl)
(yang lain upload di IG, berhubung saya tidak punya IG maka blog pun jadi.hehehe)

Saya mulai cerita dari keberangkatan ya,, katanya orang lebih ingin tau proses dibanding hasil.
Kami semua yang terbagi dalam tiga tim ini telah mengirimkan brief pertama dan dinyatakan lulus ke tahap selanjutnya dimana kami semua akan berangkat ke Bandung dan Jatinangor. Mulailah kami disibukkan dengan mengurus tiket kereta api, perizinan ke kampus, proposal, akomodasi, juga pengerjaan brief kedua ditengah musim tugas yang banyak.

Kereta kami berangkat selasa malam, karena Rabu pagi kami diharuskan sudah tiba di Kampus Unpad. Kami berenam berangkat dari stasiun Tawang,Semarang, Hanny dan Ade berangkat dari Jakarta karena sedang kompetisi di sana. Ini pengalaman pertama saya naik kereta jarak jauh. Biasanya saya naik kereta jarak pendek saat tinggal di Bandung di jalur Padalarang, Cimahi, Bandung, Kiaracondong, Cibiru.

Di perjalanan, saya, Suzka, dan Darryl harus tetap membuka laptop untuk menyelesaikan brief 2 yaitu analisis situasi mengenai kecintaan pangan lokal Indonesia lengkap dengan membuat presentasinya. Ya seperti kerja tim lainnya, saat waktu mulai mendekati pukul 00.00 wib, kondisi masing-masing orang dalam tim mulai panas dan hawanya pada mau marah. Saya coba tetap fokus dan tenang plus dibri semangat dari anggota delegasi lainnya yang sudah santai karena tidak mengerjakan brief 2. Akhirnya pukul 23.55 wib kerjaan kami terkirim ke email panitia. Selesainya saya tidak bisa tidur karena saya duduk di kursi terluar yang tentunya bisa tersenggol oleh orang yang lalu lalang ditambah guncangan kereta.

Rabu pagi pukul 04.00 wib kami tiba di stasiun Bandung. Sambil menunggu langit diluar terang, kami mencari sarapan dan sholat. Sarapan jam 4 pagi bukan pilihan yang bagus, tapi kami lapar. Akhirnya kami makan makanan siap saji yang dijual di toko waralaba serba ada, saya sediri memilih mie instan cup kemasan karena ingin kesegaran kuahnya :)
Melanjutkan perjalanan pukul 05.30 naik angkot ke baltos lalu dari baltos naik shuttle ke Jatinangor.
Di pos shuttle yang kami tumpangi, kami menunggu beberapa menit kedatangan LO yang akan menjemput kami. Oia sebelumnya karena ide kak Gusti kami membeli sekotak brownies untuk LO di stasiun Bandung. Niat awalnya bawa buah tangan dari Semarang, tapi apa hendak di kata, kami semua ribet sama barang bawaan sendiri dan di stasiun juga males gerak buat beli.hehehe..

Yang ditunggu tiba juga, saya bertemu dengan LO delegasi Undip yaitu Sherly. Dia juga yang pertama kali menghubungi saya agar membentuk grup line bersama LO untuk memudahkan komunikasi. Selanjutnya dibawalah kami semua ke asrama mahasiswa di dalam kampus yang menjadi penginapan kami selama 4 hari kedepan.

Kami istirahat hingga pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan opening ceremony yang dilaksanakan di auditorium pascasarjana komunikasi lalu kami berkunjung ke food festival yang diselenggarakan panitia.