Berpetualanglah seluas-luasnya,menulis dan belajarlah sebanyak-banyaknya,cari pengalaman sedalam-dalamnya,bercita-citalah setinggi-tingginya,berdoa dan tawakal sesering-seringnya,kamu akan menemukan dirimu di sana

Jumat, 18 Januari 2013

Sekolah RSBI dan SBI Gengsi Semata?

     Akhir-akhir ini status RSBI dan SBI yang disandang oleh beberapa sekolah negeri di Indonesia kembali diperbincangkan. Putusan MK untuk mentiadakan status tersebut pada sekolah-sekolah yang katanya unggulan kembali diperdebatkan.
Saya selaku bagian dari angkatan pertama sekolah rsbi ikut sedikit mencurahkan perhatian pada putusan tersebut.
Sejauh penglihatan dan pandangan saya memang sekolah yang mendapat gelar kehormatan itu pada dasarnya memang sudah diunggulkan di kota nya. Baik karena prestasi akademik maupun non akademik.
Baik, mungkin saya tak terlalu ambil pusing tentang pro kontra ini, toh saya bukan lagi pelajar. Tapi kok rasanya jadi seperti kelinci percobaan ya? Eh bukan kelinci,kita ganti jadi katak percobaan karena setau saya yang sering jadi percobaan katak alias kodok deh.hehe...
Yang saya tidak mengerti adalah kok ya engga dari dulu waktu awal-awal diadakan sekolah rsbi dan sbi dipelajari matang-matang dulu sebab akibatnya.
Karena gelar internasionalnya itu sekolah-sekolah memakai buku bilingual,di kelas guru memberikan materi campur menggunakan bahasa inggris,soal-soal ulangan pakai bahasa inggris. Dulu saat saya masih SMA yang menjadi bahan guyonan kami saat ulangan adalah "wong maksud soalnya saja tidak ngerti,apalagi jawabannya" hahaha. Ya begitulah nyatanya. Saat ulangan saya pun beberapa kali salah menerjemahkan pertanyaan yang tentunya berakibat pada jawaban yang salah juga.
Memang jika diambil positifnya dari gelar tersebut banyak juga. Diantarannya fasilitas yang cukup baik. Mulai dari kursi yang empuk karena bukan kursi kayu,loker,pendingin ruangan,dispenser,proyektor dan komputer di setiap kelas,absen menggunakan kartu bahkan sidik jari dan lain sebagainya. Di sekolah swasta dengan tarif cukup tinggi mungkin fasilitas seperti itu wajar dan sesuai. Tapi di sekolah negeri, itu termasuk fasilitas yang oke.
Apa hanya sekedar di fasilitas saja unggulnya? Tentu tidak karena pada dasarnya siswa-siswi nya pun diterima dengan cara seleksi tulis bukan nem sehingga sejak awal bibit-bibit unggul sudah terjaring meski ada juga yang faktor rezeki dan hoki dapat diterima di sekolah rsbi, seperti saya ini.hehe
Lalu sistem sks yang membuat guru-guru juga ikut pusing mempelajari sistem baru ini. Untuk yang satu ini saya tidak ambil bagian.
Dari beberapa sumber yang saya baca, saat ditanya apa itu sekolah rsbi/sbi?
RSBI itu sekolah yang pergi paling pagi pulang paling sore. RSBI itu yang sangat mengutamakan prestasi akademik,non akademik di nomor sekiankan padahal tidak semua siswa unggul di akademik. RSBI itu yang mengadakan kerjasama dngan sekolah di luar negeri. RSBI itu yang berusaha menerapkan bahasa inggris di setiap aspek. RSBI itu tugasnya banyak. RSBI itu biayanya mahal. Itulah RSBI.
RSBI itu....... Menurut anda?
Apakah ini sekedar gengsi para orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah favorit?
Menurut saya ya itu saja beda nya. Sisa nya sama,materinya sama,tahun pelajarannya sama,Ujian nasionalnya sama. Sama.
Sekolah di sekolah rsbi/sbi juga tidak menjamin diterima di ptn impian (curhat ya mer? Hehe).
Tapiiii tidak dapat dipungkiri dengan predikat seperti itu sekolah kita terkadang diutamakan oleh pemerintah daerah dalam hal tertentu. Guru-guru pun menjadi sosok yang terus dikejar dengan pembaharuan yang ada. Yang satu belum tuntas,sudah ganti lagi.
pendapat Pemerintah mau gonta-ganti kurikulum seperti apa biarlah,mereka lebih tau mungkin. padahal yang menjalani yang tau. Mau bikin paket UN sampai ada 20 juga tetep pinteran kita-kita ^_- hahahaha...
Sepertinya memang ada sistem yang perlu diperbaiki dan saat ini pemerintah sedang mencoba satu-satu sistem yang mana yang cocok kan?
Semoga yang terbaik dapat terlaksana untuk kemajuan pendidikan Indonesia.


Keywords: Sekolah RSBI dan SBI, perbedaan sbi dan reguler, kontroversi rsbi, rsbi, sbi, sekolah standar internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungannya....
tinggalkan jejak anda dengan berkomentar :)