Berpetualanglah seluas-luasnya,menulis dan belajarlah sebanyak-banyaknya,cari pengalaman sedalam-dalamnya,bercita-citalah setinggi-tingginya,berdoa dan tawakal sesering-seringnya,kamu akan menemukan dirimu di sana

Kamis, 26 Agustus 2010

Upaya Pencegahan Masalah Merokok dan Narkoba di Lingkungan Sekolah



http://caritauaja.info
Awalnya artikel ini saya ikut sertakan untuk lomba karya tulis di fk unjani beberapa waktu yang lalu.
Namun mungkin belum berkesempatan untuk menjadi yang terbaik dari yang baik.
Kita baca aja artikel berikut.....

Masalah merokok dan penyalahgunaan narkoba memang merupakan salah satu hal yang sedang menjadi perhatian pihak sekolah. Karena hal-hal tersebut membawa dampk negative pada siswa/i nya baik dari segi kesehatan,konsentrasi belajar,dan pencemaran lingkungan serta masih banyak lagi dampak yang lainnya.
Sekolah sebagai suatu institusi pendidikan yang mestinya menghasilkan generasi penerus bangsa yang berprestasi,adalah tempat untuk memberikan pendidikan sekaligus membimbing siswa/i nya agar menjadi seseorang yang tahu mana yang baik dan yang tidak.
Nah,sekolah harus memberitahu bahwa merokok itu merupakansesuatu yang tidak baik.
Bagaimana upaya pihak sekolah memberitahu hal tersebut agar siswa/i nya tidak ada yang merokok atau memakai narkoba di lingkugan sekolah?

Sebenarnya banyak cara yang bisa di lakukan ,baik dari pihak sekolah itu sendiri atau orang tua murid.
Cara-cara tersebut ada yang sudah dilakukan oleh banyak sekolah namun masih ada juga yang belum memberikan perhatiannya terhadap masalah ini.
Suatu langkah awalnya adalah para guru-guru juga tidak boleh merokok atau memakai narkoba.
Mengapa? Karena guru akan menjadi contoh bagi murid-muridnya.Jika guru merokok dan melarang siswanya tidak merokok rasanya tidak adil.Mengapa guru yang melarang, tapi guru itu sendiri melanggarnya.
Setelah itu tindak lanjutnya adalah sekolah memberlakukan “dilarang merokok dan memakai narkoba di lingkungan sekolah” telah dimasukkan dalam tata tertib sekolah dengan sanksi seberat-beratnya agar murid-murid takut. Seharusnya hal tersebut sudah bisa mencegah agar siswa/i disekolah. Mengapa? Karena biasanya siswa/i itu akan mengikuti aturan-aturan yang berlaku disekolah karena takut akan sanksi yang akan di berikan sekolah kepada mereka.
Namun tetap saja hal itu masih sering melanggar dengan sembunyi-sembunyi.
Ya itulah remaja yang katanya senang bereksperimen dengan suatu hal yang baru namun beberapa remaja tak tahu apakah hal itu sudah sesuai dengan norma-norma yang berlaku atau belum.jika sudah begitu kembali lagi kepada orang tua dan pihak sekolah yang harus memeberi pengertian kepada para remaja ini.
Hal lain yang dapat dilakukan dan harus dilakukan pihak sekolah adalah memberi penyuluhan dengan mengundang pihak yang berwajib dan berhubungan dengan hal-hal tersebut agar semuanya jadi tahu mulai dari guru,siswa dan semua warga sekolah lainnya.
Siapakah pihak berwajib yang dimaksud untuk memberi penyuluhan?
Pihak-pihak tersebut diantaranya adalah pihak kepolisian,dokter,atau mahasiswa kedokteran
Mengapa pihak kepolisian,dokter atau mahasiswa kedokteran?
Karena polisi lah yang akan mengurus tindak-tindak kriminal diantaranya adalah orang yang menyalahgunakan narkoba sehingga nantinya “orang-orang yang diberi penyuluhan” tahu sanksi hukumnya bila ia melanggar sesuatu yang dilarang.
Kemudian dokter atau mahasiswa kedokteran yang paham dengan dampak-dampak dari merokok dan narkoba memberitahu sejelas-jelasnya sampai semua mengerti dampak dari merokok dan narkoba bagi kesehatan,orang disekitarnya,lingkungan dsb.
Contohnya saja akibat merokok adalah menurunnya fungsi otak akibat menghirup asap rokok yang mengandung banyak zat berbahaya yang seharusnya tidak masuk pada tubuh manusia seperti bahan yang dipakai pada cat,pembersih lantai,juga nikotin yang menyebabkan ketagihan,juga merokok dapat menyebabkan kanker,dan penyakit-penyakit lainnya.
JIka seluruh warga sekolah tahu hal tersebut, apa mereka akan tetap merokok yang akan banyak merugikan diri mereka sendiri? Mungkin iya mereka tidak akan merokok dan mungkin juga mereka akan tetap merokok dan memakai narkoba tanpa peduli dampak yang akan mereka rasakan.
Cara lain upaya mencegah masalah merokok dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah adalah dengan menegaskan para pedagang di sekitar sekolah untuk tidak menjual rokok atau bahkan menjual narkoba yang jelas-jelas salah di mata hukum. Juga tidak memberi kesempatan siswa untuk merokok secara sembunyi-sembunyi di lingkungan sekolah yaitu tempat yang kurang terlihat.Nah tempat-tempat seperti itu harus diperhatikan dan bisa dialih fungsikan menjadi taman sekolah sehingga siswa tidak berkesempatan merokok.
Pihak sekolah juga dapat memasang poster-poster atau tulisan-tulisan yang menjurus kepada dilarang merokok dan menyalahgunakan narkoba. Contohnya poster bertuliskan “bakar rokok=bakar uang” Karena memang merokok yang tidak ada manfaatnya itu hanya membuang-buang uang saja,apalagi mereka yang seorang pelajar yang masih diberi uang oleh orang tuanya..
Pihak sekolah juga dapat mengadakan ekstrakulikuler yang beragam yang sesuai dengan hoby dan minat para siswa-siswi nya karena biasanya merokok adalah hal yang dilakukan oleh orang-orang yang frustasi,jenuh dan tidak memiliki kegiatan positif,karena mereka bingung maka mereka bisa menjurus pada hal yang negative.
Segala upaya akan dilakukan oleh semua pihak agar orang-orang yang ada didekatnya tidak merokok atau memakai narkoba.
Namun kembali lagi pada individu tersebut.Mereka akan sadar atau tidak dengan perbuatan yang jelas-jelas merugikan diri mereka sendiri.Karena biasanya seseorang akan lebih terpengaruh pada lingkungannya dan kebiasaan yang paling kuat pada diri seseorang adalah kebiasaan dari lingkungan.
Keluarga juga dapat memberi landasan iman yang lebih kuat kepada anggota keluarganya yang lain agar tidak terjerumus kepada ha-hal yang kurang baik.
Untuk Narkoba sendiri apabila warga sekolah telah menyalahgunakan narkoba sudah harus langsung ditangani pihak yang berwajib.

so, say not to drugs...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungannya....
tinggalkan jejak anda dengan berkomentar :)