Berpetualanglah seluas-luasnya,menulis dan belajarlah sebanyak-banyaknya,cari pengalaman sedalam-dalamnya,bercita-citalah setinggi-tingginya,berdoa dan tawakal sesering-seringnya,kamu akan menemukan dirimu di sana

Kamis, 07 Agustus 2014

Tradisi Lebaran

Hai blog.. Apa kabar? Cukup lama saya tidak posting, setelah peristiwa hilangnya laptop yang baru sebentar saya miliki dan raib begitu saja sehari sebelum pertambahan usia saya pada 5 Maret 2014. Hari ini, 26 Juli 2014, tepat di minggu penghujung Ramadhan. Saya ingin bercerita tentang tradisi lebaran di Indonesia. Lebaran khususnya lebaran hari raya Idul Fitri identik dengan silaturahmi, mudik, baju baru , ketupat, kue lebaran dan macam pernak-pernik lebaran lainnya. Namanya juga tradisi, jika tidak dijalani rasa nya ada yang kurang. Baik, kenapa saya kepikiran cerita tentang tradisi lebaran, karena kemarin saya baru saja mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan di Sragen, Jawa Tengah. Hampir sebagian besar orang yang berkunjung memiliki tujuan yang sama yaitu membeli pakaian baru. Ternyata euforia baju baru saat lebaran telah menjadi tradisi di Indonesia bahkan ada lagu anak-anak mengatakan baju baru alhamdulillah, dipakai di hari raya. Tak punya pun tak apa-apa masih ada baju yang lama. Ada lagi tradisi unik lebaran di Indonesia, apalagi kalau bukan mudik. Hasil penelusuran saya di internet mudik bermakna mulih ke udik, meski banyak juga pengertian lain dari mudik. Mudik yang di tayangkan di televisi memang identik dengan mudik orang-orang asli Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menetap di kota-kota besar terutama Jakarta. Saat lebaran mereka akan bermigrasi kembali ke kampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudara. Sekian cerita saya, memang tidak menceritakannya secara detail. Tapi ya begitulah yang sedang ingin saya tulis. Selamat hari lebaran.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas kunjungannya....
tinggalkan jejak anda dengan berkomentar :)